ShoutMix chat widget
Selamat datang di blog saya yang sederhana ini, semoga kunjungan anda berkesan Kemajuan Teknologi Menghiasi Dunia Pendidikan Lomba Blog Teknokrat Festival 2011: Kemajuan Teknologi Menghiasi Dunia Pendidikan| Lomba | Blog | Perguruan | Tinggi | Teknokrat | Festival | 2011 | Perguruan Tinggi | Perguruan Tinggi Teknokrat | Teknokrat Festival | Teknokrat Festival 2011 | Lampung
widgeo.net

Kemajuan Teknologi Menghiasi Dunia Pendidikan

Selasa, 15 Februari 2011

| | |
Saat ini kemajuan teknologi khususnya di dunia pendidikan sudah semakin maju, ada banyak sekali metode pembelajaran yang mengihasi dunia pendidikan salah satunya adalah e-learning dan ubiquitous. Kedua metode pembelajaran ini bertujuan untuk mendukung proses pembelajaran yang ada. Menurut para pakar saat ini kita akan memasuki era teknologi yang baru yang di namakan ubiqoutious. Ubiqutious bisa di katakana sebagai ”tulang punggung “ informasi global. Dan berpengaruh terhadap kehidupan akademik dan sosial kita.
 
A.Pengertian ubiquitous computing
Ubiquitous computing dapat didefinisikan sebagai penggunaan komputer yang tersebar di mana user berada. Sejumlah komputer disatukan dalam suatu lingkungan dan tersedia bagi setiap orang yang berada di lokasi tersebut. Setiap komputer dapat melakukan pekerjaan yang dipersiapkan untuk tidak banyak melibatkan intervensi manusia atau bahkan tanpa harus mendeteksi di mana pemakai berada.  Ide ubiquitous computing pertama kali disampaikan oleh Mark Weiser (1998) di Laboratorium Komputer Xerox PARC, yang membayangkan komputer dipasangkan di dinding, di permukaan meja, di setiap benda sehingga seseorang dapat berkomunikasi dengan ratusan komputer pada saat yang sama. Setiap komputer secara tersembunyi diletakkan di lingkungan dan dihubungkan secara nirkabel.
Buxton (1995) menyatakan bahwa ubiquitous computing mempunyai karakteristik utama yaitu:
  1. Ubiquity: interaksi tidak dilakukan oleh suatu saluran melalui satu workstation. Akses ke komputer dapat dilakukan di mana saja. Sebagai contoh, di suatu kantor ada puluhan komputer, layar display, dan sebagainya dengan ukuran bervariasi mulai dari tombol seukuran jam tangan, Pads sebesar notebook, sampai papan informasi sebesar papan tulis yang semuanya terhubung ke satu jaringan. Jaringan nirkabel akan tersedia secara luas untuk mendukung akses bergerak dan akses jarak jauh.
  2. Transparency: teknologi ini tidak menganggu keberadaan pemakai, tidak terlihat dan terintegrasi dalam suatu ekologi yang mencakup perkantoran, perumahan, supermarket, dan sebagainya.
 
B.Pengertian e-learning
E-learning adalah istilah yang mencakup segala bentuk technology-enhanced learning(TEL)sejenis web –based learning. e-learning adalah proses learning(pembelajaran )dengann menggunakan TIK, dan menggunakan media. Pembelajaran e-learning dilakukan dengan menggunakan network . dengan menggunakan proses pembelajaran ini dapat berjalan secara efektif dan efisien
Cara kerja e-learning
Bisa di katakana e-learning juga tergolong baru di dalam proses pembelajaran di Indonesia. Dalam proses pembelajaran atau penggunaan e-learning ,penagajar atau pun anak didik tidak perlu berada di dalam ruanagn yang sama. Bahan pengajran cukup di upload oleh pengajar untuk di download oleh anak didiknya.
Ada tujuan dan manfaat dari e-learning diantaranya :
* Peningkatan kerja
* Peningkataan akses
* Kemudahaan dan fleksibilitas kepada peserta didik:
* Untuk mengembangkan keterampilan dan kompetensi yang dibutuhkan di abad ke-21, khususnya untuk memastikan bahwa peserta didik memiliki keterampilan keaksaraan digital yang dibutuhkan dalam disiplin, profesi atau karie.
Setelah di uraikan tentang point-point pengertian ubiquitous computing dan e-learning diantara nya memiliki hubungan di dalam proses pembelajaran yang saling berhubungansatu sama lainnya , dan akan di jelaskan di point ke -3.

C.Hubungan antara ubiquitous computing dengan e-learning
Ubiquitous computing dan e-learning memiliki hubungan antara satu dengan yang lainnya. Dimana ubiquitous suatu teknologi yang memiliki jariangan yang luas yang dimana menuntut kita untuk lebih aktif di dalam mengaplikasikan atau menggunakan dunia maya , khususnya dalam hal yang positif, yang dapat membantu kita untuk lebih terdepan dalam setiap teknologi atau informasi yang ada. perangakt ubiquitous ini di pasangkan dengan jaringan yang murah , yang memudahkan murid-murid dalam dalam menggunakan nya langsung dan dapat memudahkan dalam membuat tugas yang ada. teknologi ini juga membuat akses internet sangat cepat dan meningkatkan mobilitas kerja. 

Kalau keduanya di hubungkan(ubiquitous dan e-learning)E-learning dan ubiquitous juga untuk meningkatkan keefektifan dalam mengerjakan semua pekerjaan yang ada.yang membedakan mungkin ubiquitous lebih canggih dari pada e-learning ,kalau dengan e-learning kita dapat mengetahui secara cepat , tapi kalu ubiquitous menjadikan pembelajaran dapat lebih mudah lagi portable dan lebih mudah untuk di operasikan. dapat mempunyai manfaat dan hubungan yang sama antar satu dengan yang lainnya. Sama-sama untuk meningkatkan kinerja pekerjaan dan memudahkan dalam setiap pekerjaann yang ad apalagi berhubungan dengan internet. 

Sumber Referensi : Santrock, John W. Psikologi Pendidikan, Edisi Kedua. Jakarta: Kencana, 2008.
DR.Munir, M.IT. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: ALFABETA, 2008


Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook
Reddit

0 komentar:

Posting Komentar